Sejarah, Konsep, dan Penerapan New Media di Berbagai Situs

Photo by Yolanda Sun on Unsplash

  1. Pengertian dan Sejarah New Media

Pengertian New Media

New Media atau media baru merupakan sebuah terminologi untuk menjelaskan konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung ke dalam jaringan. Dengan kata lain, New Media merupakan sarana perantara yang baru, dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya. New Media berasal dari 2 kata yaitu, “New” yang berarti baru dan “Media” yang berarti perantara. New Media merupakan perkembangan baru dari media-media yang telah digunakan manusia. Karakternya yang merupakan bentuk digital tentu memudahkan dalam bertukar informasi dan berbagai kegiatan lainnya.

Sejarah

Pada tahun 1960, hubungan antara komputasi dan seni radikal mulai tumbuh lebih kuat. Tidak sampai 1980-an yang Alan Kay dan rekan-pekerja di Xerox PARC mulai memberikan kekuatan komputer pribadi untuk individu, daripada memiliki organisasi besar bertanggung jawab atas ini."Pada akhir 1980-an dan awal 1990-an, bagaimanapun, tampaknya kita menyaksikan berbagai jenis hubungan paralel antara perubahan sosial dan desain komputer ,. Meskipun tidak berhubungan kausal konseptual masuk akal bahwa Perang Dingin dan desain Web berlangsung tepat waktu yang sama. "

Sampai tahun 1980-an media terutama bergantung pada media cetak dan analog siaran model, seperti orang-orang dari televisi dan radio . Lima dua puluh tahun terakhir telah melihat cepat transformasi menjadi media yang ditautkan pada penggunaan komputer digital, seperti Internet dan game komputer . Namun, contoh-contoh ini hanya representasi kecil dari media baru. Penggunaan komputer digital telah mengubah sisa 'tua' media, seperti yang disarankan oleh munculnya televisi digital dan publikasi online . Bahkan bentuk media tradisional seperti mesin cetak telah diubah melalui penerapan teknologi seperti manipulasi gambar perangkat lunak seperti Adobe Photoshop dan alat-alat desktop publishing.

W. Andrew L. Shapiro (1999) berpendapat bahwa "munculnya baru, teknologi digital sinyal radikal pergeseran Potensi yang mengendalikan informasi, pengalaman dan sumber daya (Shapiro dikutip dalam Croteau dan Hoynes 2003: 322). Russell Neuman (1991) menunjukkan bahwa sementara "media baru" memiliki kemampuan teknis untuk menarik satu arah, dan sosial ekonomi kekuatan tarik kembali ke arah yang berlawanan. Menurut Neuman, "Kami menyaksikan evolusi jaringan interkoneksi universal audio, video, dan komunikasi teks elektronik yang akan mengaburkan perbedaan antara komunikasi interpersonal dan massa dan antara komunikasi publik dan swasta" (Neuman dikutip dalam Croteau dan Hoynes 2003: 322). Neuman berpendapat bahwa New Media akan:

  • Mengubah arti jarak geografis.
  • Memungkinkan untuk peningkatan yang sangat besar dalam volume komunikasi .
  • Memberikan kemungkinan meningkatkan kecepatan komunikasi.
  • Memberikan kesempatan untuk komunikasi interaktif.
  • Memungkinkan bentuk komunikasi yang sebelumnya terpisah untuk tumpang tindih dan interkoneksi.

Akibatnya anggapan dari cendekiawan seperti Douglas Kellner , Callum Rymer dan James Bohman bahwa media baru, dan terutama internet, memberikan potensi yang demokratis postmodern ruang publik, di mana warga negara dapat berpartisipasi dalam informasi dengan baik, debat non-hirarkis berkaitan dengan struktur sosial mereka. positif dari penilaian potensi dampak sosial yang baru adalah media sarjana Berbeda seperti Ed Herman dan Robert McChesney yang telah menyarankan bahwa transisi ke media baru telah melihat beberapa kuat transnasional telekomunikasi perusahaan yang mencapai tingkat pengaruh global yang sampai sekarang terbayangkan .

Kontribusi ke lapangan seperti Callum Rymer (2009) dan presentasi baru-baru ini di Wikipedia, serta Lister et al. (2003) dan Friedman (2005) telah menyoroti baik dan negatif potensial dan aktual implikasi positif dari teknologi media baru, menunjukkan bahwa beberapa karya awal ke dalam studi media baru bersalah karena teknologi determinisme - dimana dampak media ditentukan oleh teknologi sendiri, daripada melalui menelusuri jaringan sosial kompleks yang diatur pengembangan, pendanaan, pelaksanaan dan pengembangan teknologi masa depan apapun.


  2. Manfaat dan Konsep New Media

Manfaat dan Kekurangan dari New Media

New Media memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:


  • Arus informasi yang dapat dengan mudah dan cepat diakses dimana saja dan kapan saja.
  • Sebagai media transaksi jual beli
  • Sebagai media hiburan
  • Sebagai media komunikasi
  • Sarana pendidikan

Namun New Media juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu sebagai berikut:

  • Terbukanya informasi menimbulkan kemungkinan pencurian data pribadi. Hal ini biasa dilakukan hacker dengan tujuan-tujuan tertentu.
  • Terbukanya arus informasi dan komunikasi juga dapat membawa virus yang berkedok aplikasi dengan mudah menyebar.
  • Mudahnya akses situs yang berbau pornografi dan kekerasan.
  • Rasa ketagihan berlebihan, contohnya pada saat bermain game online atau jejaring sosial.

Maka, sudah seharusnya perkembangan New Media diikuti dengan kebijakan dari setiap penggunanya.


Contoh dan Komponen New Media

Beberapa contoh New Media adalah Internet, website, buku digital, komputer multimedia, permainan komputer, jejaring sosial, streaming video, video conference, CD-ROMS, DVD, dan lain-lain.

Komponen dari new media yaitu handphone/smartphone, internet, dan komputer. Dengan komponen New Media, kita dapat mengakses bebesapa situs jejaring sosial diantaranya Facebook, Twitter, Youtube, Email, FourSquare, dan lain sebagainya. Kita juga dapat lebih cepat mendapatkan informasi yang kita inginkan atau juga memberikan informasi yang kita dapatkan sesuai dengan kenyataan.


  3. Penerapan New Media

Penerapan new media dalam internet pada zaman sekarang ini sudah sangat pesat. sudah banyak media media yg bisa digunakan untuk membantu user dalam pencarian informasi , dunia hiburan, edukasi dan sebagainya. Jejaring sosial seperti facebook, twitter, plurk, myspace dll juga sudah menerapkan new media.

Contohnya saja myspace, dengan myspace kita bisa mengupload video, dan menshare-nya seperti pada sebuah web blog, akan tetapi blogging bukan merupakan bisnis utama dalam MySpace. Anggota jejaring ini bisa melihat tampilan video di MySpace via ponsel. Bahkan, penggunaan video mobile MySpace bisa mengalahkan video streaming YouTube. MySpace termasuk jejaring sosial yang penuh aplikasi. Sampai Maret 2008, 2,1 juta aplikasi diinstal ke komunitas MySpace. Salah satunya, truth box untuk komunikasi. Dalam sehari, tercatat sekitar 117 juta pengunjung menyambangi MySpace. Sampai awal tahun 2008 anggota MySpace paling banyak bermukim di AS. Namun, di Indonesia situs ini tidak begitu populer.

Selain myspace ada juga youtube. Mungkin sudah banyak yang tahu tentang situs video streaming yang populer ini bahkan mungkin ygang paling lengkap dan variatif.dengan youtube kita bisa meng-upload video dan bisa diakses oleh seluruh dunia secara gratis.


Sumber : https://fakhrimahdi67.wordpress.com/2015/10/13/penerapan-new-media-kedalam-internet/ , http://vandredi-blog.blogspot.co.id/2010/10/sejarah-new-media.html , https://rianitagiovanni.wordpress.com/2015/10/08/pengertian-dan-konsep-new-media/




Itulah Sejarah , Konsep, dan Penerapan New Media beserta komponen dan contoh-contohnya yang sudah ada di dunia ini.
Semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah wawasan para pembaca😊.
Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk tugas dalam mata kuliah Peng. Tek. Internet & New Media di Universitas Gunadarma 

Comments

  1. Baccarat | Rules and Strategies - Free Bet Online Casinos
    Baccarat is one of 바카라사이트 the most popular games in casino games. The game is played by a dealer and consists 제왕카지노 of 3 cards: a single poker hand, and 샌즈카지노 a standard 52-card

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PENJELASAN TENTANG DESAIN SKENARIO, SCRIPT DAN STORYBOARD DALAM PEMBUATAN GAME

Ada Yang Salah Dengan Logo Google Tahun 2015-Sekarang?